dikupas: Kemenangan Perdana Persela Tak Lepas dari Pengubahan Formasi Pelatih Anyar

Bookmark and Share
Kemenangan Perdana Persela Tak Lepas dari Pengubahan Formasi Pelatih Anyar

Kemenangan Perdana Persela Tak Lepas dari Pengubahan Formasi Pelatih Anyar menjadi update berita Sepak Bola Indonesia terkini dari Bolapro.org yang mencoba untuk menyajikan info terbaru seputar Bola Indonesia dan kali ini Kemenangan Perdana Persela Tak Lepas dari Pengubahan Formasi Pelatih Anyar menjadi ulasan yang akan kita bahas. Dapatkan Ragam berita bola Indonesia Uptodate hanya di Bolapro Memang untuk anda yang Pro Bola.

'Kick-Off' Persela Lamongan Kontra Perseru Serui Digeser

Pelatih Persela Lamongan, Sutan Harhara, mengungkapkan bahwa dirinya memang mengubah strategi formasi timnya. Hal ini pula yang menurut Sutan, menjadi rahasia kenaikan performa timnya pada laga melawan Perseru Serui, Kamis (16/6/2016) lalu.

Seperti diketahui, Persela akhirnya menang dengan skor 2-0 pada laga tersebut.

Selama ini, Persela memang begitu setia memerankan formasi 4-2-3-1, strategi yang ditinggalkan oleh sang mantan pelatih, Stefan Hansson.

Sayang, formasi tersebut belum sekalipun memberikan hasil positif bagi Laskar Joko Tingkir. Kalah di lima pertandingan pertama dengan kebobolan sepuluh gol adalah bukti ketidakefektifan formasi ini.

Hal ini pula yang menjadi hal mendasar pembenahan Sutan Harhara.

“Memang telah ada beberapa pembenahan di tim ini. Contoh konkretnya, saya mendapat informasi bahwa Persela bermain dengan (skema) 4-2-3-1. Tapi saya lihat, para pemain yang ada saat ini memiliki kemampuan untuk memanfaatkan untuk memanfaatkan lebar lapangan. Inilah yang membuat dasar kami memutuskan menerapkan 4-4-2,” ujar Sutan, Jumat (17/6/2016).

Dengan menerapkan formasi yang lebih sederhana, serangan Persela memang lebih rapi dibandingkan sebelumnya. Bertumpu pada kedua sayapnya, Persela mampu menyocor pertahanan lawan. Hal ini pula yang mengisiasi dua gol Persela pada gawang Perseru.

Sebagaimana diketahui, dua gol tersebut memang berawal dari proses yang mirip, yakni penetrasi di sisi sayap kanan Persela.

Gol pertama datang dari umpan Taufik Kasrun yang menyisir sisi kanan Persela yang kemudian mengirim umpan ke depan gawang sebelum akhirnya dikonversi menjadi gol oleh Zainal Arifin.

Sedangkan gol kedua pun diawali dari penetrasi Victor Pae, yang juga mengawali penetrasi dari sisi kanan Persela.

“Untuk sayap, kita kan memiliki banyak (pemain). Ada Edi Gunawan, ada Zainal (Zainal Arifin), ada Embiri (Steven Embiri). Kalau kita main di situ (formasi 4-4-2) kan bisa gunakan mereka,” tandas mantan direktur teknik PSSI ini.

Tumpuan serangan yang berfokus pada sayap pun semakin mudah dilakukan dengan derasnya bola dari para gelandang bertahan. Sisi tengah yang ditopang oleh Jose Pedrosa Galan dan Tamsil Sinjaya pun begitu rajin mengirimkan bola ke kedua sisi sayap ini.

Meskipun sukses dengan formasi ini, Sutan Harhara pun mengaku masih akan melakukan beberapa”percobaan” tambahan. “Ini belum final. Kami masih akan melakukan beberapa pengubahan,” tandas pelatih berusia 63 tahun ini.  (Surya)



Berita Bola Indo Terbaru | Dari Bolapro

Terima kasih anda telah menyimak berita bola Indonesia yang berjudul Kemenangan Perdana Persela Tak Lepas dari Pengubahan Formasi Pelatih Anyar semoga post di atas belum basi untuk dipublish dihalaman ini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

komentar yang terdapat link hidup akan dilaporkan Spam